RSS

Sejarah Akuntansi

01 Mar

Dewasa ini, akuntansi telah mengalami perkembangan layaknya ilmu hukum, ilmu kedokteran, serta hampir semua bidang kegiatan manusia lainnya, sejalan dengan tuntutan kebutuhan sosial dan ekonomi masyarakat. Akuntansi telah mengembangkan konsep-konsep baru untuk mengimbangi kebutuhan akan informasi keuangan yang terus-menerus meningkat guna melaksanakan pembangunan ekonomi dan program-program sosial.
Akuntansi dapat dipandang dari dua sisi pengertian, yaitu sebagai pengetahuan keahlian yang dipraktekan dalam dunia nyata, dan sebagai suatu disiplin ilmu pengetahuan yang diajarkan di perguruan tinggi.
Pada awalnya, yaitu kira-kira tahun 3000 SM, akuntansi ditemukan di Mesir Kuno dan pada masa pemerintahan Yunani. Akuntansi yang ada pada saat itu hanya sekedar untuk mengetahui sumber-sumber keuangan kerajaan. Sehingga belum ada suatu sistem akuntansi yang sistematis untuk satu unit tertentu (hanya untuk sebagian transaksi saja).

Di zaman Mesir Kuno tersebut dijelaskan bahwa untuk mencatat transaksi hariannya, seorang manajer menggunakan calamos reed (sejenis kulit). Selain itu dikenal pula dua macam teknik akuntansi, yaitu dengan koin (dalam amplop) dan token.
Pada tahun 1494, sistem double-entry¬ mulai dikenal setelahnya sebagai sistem akuntansi modern, yaitu harta sama dengan hutang ditambah dengan modal. Lucas Pacioli mengklaim dirinya sebagai penemu pertamadari sistem akuntansi modern ini.
Namun sebelumnya telah ada beberapa temuan double-entry system, yaitu berasal dari kawasan Timur Tengah. Kaum Muslimin berandil besar dalam perkembangan akuntansi dasar waktu itu. Setelah itu, bangsa Eropa mulai berdatangan untuk mengupas secara mendalam tentang akuntansi versi Timur Tengah tersebut.
Glautier (1973) membagi perkembangan sejarah akuntansi menjadi lima, yaitu:
1. Periode Prakapitalis.
2. Kapitalis Nascent.
3. Merkantilis.
4. Revolusi dan Industrialisasi.
5. Perkembangan pesat bidang akuntansi secara terus-menerus.<p

 
2 Comments

Posted by on March 1, 2011 in AKUNTANSI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s